Pemkab Bireuen Resmikan Pasar Meunasah Capa

Pemkab Bireuen Resmikan Pasar Meunasah Capa

Thursday, February 1, 2024


Bireuen — Pj. Bupati Bireuen, Aulia Sofyan Ph.D meresmikan Pasar Meunasah Capa yang terletak di Dusun Capa Utara, Gampong Bireuen Meunasah Capa Kecamatan Kota Juang, Rabu 31 Januari 2024.


Peresmian pasar yang pada tahun 2018 silam telah direlokasi seluruhnya ke Pasar Induk yang terletak di desa Geulanggang Gampong ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Kasatpol PP dan WH Kabupaten Bireuen, Camat Kota Juang, Keuchik serta perangkat Gampong Bireuen Meunasah Capa.


Pasar Meunasah Capa dibangun kembali menjadi Pasar Kering pada tahun 2021 yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan jalan rabat beton dan saluran (100%) pada tahun 2023 lalu.



Saat ini Pasar Kering Meunasah Capa terdiri dari 106 unit kios dengan dua tipe ukuran. Yakni 22 unit kios berukuran 4 x 6 dan sisanya 84 unit berukuran 4 x 4. Yang nantinya seluruh kios kios di pasar ini akan dikhususkan untuk menjual bahan-bahan kering saja, seperti pakaian, aksesoris, pecah belah, aneka plastik, alat elektronik seperti handphone hingga aneka mainan.


Kendati unit kios - kios di pasar Meunasah Capa telah rampung dibangun, masih ada kendala-kendala yang nantinya akan menghambat pengoperasian pasar secara maksimal. Seperti hambatan

akses jalan menuju pasar di sisi bagian Timur dan Utara oleh pedagang kaki lima yang masih liar berjualan meski telah ditertitkan berulang kali.



Pemkab Bireuen akan saling berkoordinasi antar Dinas-dinas terkait agar dapat sesegera mungkin menertibkan pedagang-pedagang kaki lima yang marak berjualan di badan jalan menuju ke Pasar Meunasah Capa untuk dapat bergabung bersama pedagang lainnya di qPasar Induk.


Diharapkan kedepannya keberadaan Pasar Meunasah Capa dapat meningkatkan kualitas perekonomian di Kabupaten Bireuen dan mensejahterakan seluruh masyarakatnya.


Dilansir dari akun Pemerintahan Kabupaten Bireuen