Maulid Collective 2023: Maulid Bersama Komunitas, Lembaga dan UMKM Se Aceh

Maulid Collective 2023: Maulid Bersama Komunitas, Lembaga dan UMKM Se Aceh

Tuesday, December 26, 2023

Lokasi Acara Maulid Collective 2023 Camp BackKaru Institute. (Foto: Alan Kiteng)

Bireuen — Maulid Collective Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H/2023 M yang melibatkan 82 komunitas, lembaga dan UMKM. Kemudian juga tidak hanya komunitas, lembaga dan UMKM di Aceh saja yang terlibat melainkan dari Arab Saudi, Malaysia dan Prancis juga ikut ambil bagian dalam menyukseskan kegiatan yang telah dilaksanakan dan berjalan lancar. 

Maulid Collective tersebut dilaksanakan pada hari sabtu 23 Desember 2023 yang bertempat di Camp Komunitas BackKaru (BackKaru Institute) Di desa Geulanggang Gampong (Cureh), Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Perangkat Desa Menghadiri Maulid Collective 2023
Acara ini diinisiasikan oleh BackKaru Institute dan Majelis As-Suruur Wal iinas Kabupaten Bireuen, dalam rangkaian acara Maulid bersama komunitas, lembaga dan UMKM tersebut, kemudian juga adanya Santunan Anak Yatim/Piatu, Tausiah Islami dari Tgk Agus Wandi dari Kuta Blang Bireuen, doa bersama untuk Palestina dan penampilan hadrah dari Majelis As-Suruur Wal iinas, serta kumpul bersama sahabat-sahabat dari penjuru Aceh dan Luar Aceh atau yang mewakili.

Sumbangan Yatim/Piatu. (Dok: Dokumen BackKaru Institute)
"Maulid Collective ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan di Camp Backkaru, setelah sebelumnya diadakan pada tahun lalu. Maulid Collective ini adalah spirit dari semua lembaga, komunitas dan UMKM se-Aceh yang terlibat". Ucap Syafri Musica selaku penanggung jawab acara saat ditemui oleh awak media yang didampingi oleh Riki Ah, Sichek, Supreng dan Banta.

"Seperti yang pernah saya ungkap tahun lalu, semoga dengan adanya acara Maulid Collective ini menjadi pemantik kepada kawula muda yang lain untuk terus semangat dalam melakukan hal-hal positif dalam lingkungannya masing-masing". Tutup Syafri Musica.

Panitia Maulid Collective 2023
Disesi yang berbeda Abu Digle selaku Ketua panitia didampingi parel, aan dan arif mengakatan Maulid Collective tahun ini melibatkan komunitas, lembaga dan UMKM yang tidak hanya di Aceh namun juga mancanegara, seperti saudara-saudara kita dari komunitas yang ada di Arab Saudi, Prancis dan Malaysia.

"Alhamdulillah Maulid Collective 2023 tahun ini banyak rekan-rekan lintas komunitas, lembaga dan UMKM yang ikut terlibat sehingga menjadi sarana silaturrahmi antar lintas yang ada di Aceh maupun mancanegara, untuk mempererat tali silaturrahmi dan kekeluargaan dengan adanya Maulid Collective ini."

Acara Maulid Collective dibuka oleh Keuchik Geulanggang Gampong T. Saifunna dan juga turut dihadiri oleh Tgk Imum Gampong, Perangkat Desa, unsur kepemudaan gampong, kaum ibu ibu dan warga setempat.

Berkat Rahmat Allah SWT serta dukungan dari 82 komunitas, lembaga, dan UMKM dan dukungan dari berbagai pihak, Alhamdulillah Maulid Collective tahun ini sangat sejuk dilaksanakan dan berjalan dengan khitmad. Kerjasama yang baik menghasilkan Kreatifitas yang baik pula, tutup Nyakman Lamjamee.

Laporan : Alan Kiteng