Mahasiswa UMMAH Kuliah Lapangan di Desa Lokasi Paska Banjir Pante Karya

Mahasiswa UMMAH Kuliah Lapangan di Desa Lokasi Paska Banjir Pante Karya

Monday, October 16, 2023

Ummah Muda Peduli Kemanusiaan

BIREUEN — UMMAH MUDA untuk KEMANUSIAAN yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM), teridiri dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Dewan Perwakilan  melakukan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Sosial Humaniora Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) melakukan kuliah lapangan di lokasi Paska Banjir Pante Karya, Peusangan Siblah U pada senin, 16 Oktober 2023 yang dikuti oleh 35 Mahasiswa dan Dosen, Tendik dari Bidang Kemahasiswaan.


Dalam amant dan Pelepasan Mahasiswa, Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh Nur Saadah, P. Si. MM mengatakan "kami memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang tergabung dalam UMMAH MUDA untuk KEMANUSIAAN. sebagai Mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, kita menjalankan CATUR DARMA UMMAH, yaitu Pembelajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Nilai-nilai Al-Islam-KeMuhammadiyah. Dan kuliah lapangan ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari jatidiri mahasiswa, selain kita belajar di kampus, juga kuliah di masyarakat dalam bentuk pengabdian, dalam respon paska bencana banjir. Dan aksi sosial adalah sikap empati kita terhadap korban yang terkena dampak bencana banjir. Semoga keberadaan UMMAH ini dirasakan oleh masyarakat disana". Ungkap Nur Saadah,S. Psi. MM Wakik Rektor II UMMAH, yang didampingin oleh Koordinator Bidang Kemahasiswaan Taufik Riswan, SH., SKM, Ns. Mahadzir, S. Kep, Ns. Rasyidi, S. Kep staf di bidang kemahasiswaan, Serta Rudi Ketua DPM FIKES dan Juanda Ketua DPM F-Soshum UMMAH.



Rudi, Koordonator Lapangan UMMAH MUDA untuk Kamanusiaan, melaporkan "bantuan yang akan kami salurkan adalah pemeriksaan, PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat), Respon Bencana dan Mitigasi Bencana, serta Psikososial berbasis komunitas, dengan kelompok sasaran adalah anak usia sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak, SD dan SMP, dengan target jumlah peserta penerimaan sebanyak 300 peserta.(*)